IKEBANA DARI JEPANG

0 komentar


Hai guys ? tau gak cih konon nih bunga mampu menyuarakan sesuatu, dan sesuatu itu bisa berupa suasana hati ataupun maksud hati. dan di Jepang nih rangkaian bunga tertentu dipercaya mengandung filosofi hidup. Dan bunga juga kerap dimaknai orang hanya berdasarkan jenis dan namanya saja. Misalkan saja bunga mawar dari warnanya saja sudah dipastikan terkandung lambang kecantikan dan cinta, ada lagi bunga tulip konon bunga ini melambangkan keberuntungan serta keterbukaan hati, dan bunga aster juga melambangkan kekuatan cinta.
Sekarang kita lanjut ke yang lain. Di Jepang tserdapat seni merangkai bunga yang mashur dikenal dan biasa disebut Ikebana. Dalam kesnian ini bunga mawar bisa disandingkan dengan anyelir, aster, ataupun dengan krisan, kemudian disusul dengan merangkainya dengan ilalang kering. Wah kalau dikaitkan dengan perasaan cih mungkin itu perasaan yang campur aduk ya ? coz dari cara merangkainya saja campur aduk begitu. Hehehe. Tapi meski begitu maknanya bisa beragam dan semua ini pun tergantung pada cara merangkainya serta gaya yang dipakai. Satu contoh Ikebana aliran Ikenobo dengan gaya Rikka yan menggambarkan keindahan panorama pegunungan dan yang pastinya seni merangkai bunga ala Jepang ini sudah di kenal lama di Indonesia. Setidaknya sejak lebih dari 25 tahun silam. Dan para penggemarnya pun bukan 10 atau 20 orang, tetapi para pengemar seni Jepang ini sudah membentuk wadah dan berkumpul sesama para penggemar Ikebana. Lalu apakah anda juga termasuk orang yang menggemari seni merangkai bunga ala Jepang ini ?

( Kompas, minggu, 17 Mei 2009 )



Comments

0 comments to "IKEBANA DARI JEPANG"

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

RECENT POST

free counters

SMS GRATIS




agussetiawan


ShoutMix chat widget

Advertisement

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com Distributed by Blogger Blog Templates